Latar Belakang Nabitu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an:

Those who consume interest will stand ˹on Judgment Day˺ like those driven to madness by Satan’s touch. That is because they say, “Trade is no different than interest.” But Allah has permitted trading and forbidden interest.”

QS Al-Baqarah 2:275

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

QS Al-Baqarah 2:275

Ada beberapa masalah yang ditemukan oleh Nabitu, yaitu:

Fiqih Muamalah Illiterate (Iliterasi di bidang Fiqih Muamalah)

Kebanyakan muslim Indonesia belum benar-benar memahami fiqih muamalah maaliyah, yaitu fiqih yang mengatur transaksi keuangan. Padahal, fiqih muamalah maaliyah adalah hal yang ditemui di kehidupan sehari-hari. Jual beli, pinjam-meminjam, utang-piutang, gaji-menggaji, adalah hal vital yang dilakukan hampir setiap hari oleh seluruh manusia. Islam mengatur seluruhnya dalam fiqih muamalah maaliyah. Sayang sekali, belum banyak muslim Indonesia benar-benar memahami bagaimana Islam mengatur hal ini.

Scale-Up without Equity Sharing

Ternyata banyak pemilik UKM yang berkembang pesat dan ditawari bekerja sama dengan para investor. Mereka tertarik untuk menscale-up usahanya namun tidak ingin berbagi saham atau kepemilikan dengan investor. Alternatif untuk hal ini adalah dengan membuka investasi proyekan (project financing), sehingga investor dapat berinvestasi di beberapa proyek usaha yang dikelola UKM saja, tanpa harus berinvestasi di perusahaannya. Investor dapat tetap berinvestasi, dan UKM tetap memiliki kesempatan utk scale-up.

Where are the Sharia parts of this contract?

Tim Nabitu merenung bahwa banyak sekali unit-unit dan lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, asuransi syariah dan lembaga syariah yang tidak menjelaskan dan mengedukasi nasabah atau membernya di bagian mana kesyariahan akad-akad atau bisnis proses mereka. Padahal, edukasi dan da’wah ini penting agar nasabah dan member benar-benar faham di bagian mana kesyariahan akad mereka dan apa yang membedakan lembaga keuangan syariah dan konvensional.

Nabitu Ingin Turut Menjadi Solusi

Da’wah dan Edukasi

Nabitu harus terus berusaha berperan dalam da’wah dan mengedukasi umat Islam mengenai fiqih muamalah maaliyah melalui web dan sosmed Nabitu, sehingga lebih banyak lagi umat Islam yang lebih aware dalam muamalah-muamalah keuangan sehari-hari mereka.

Memperantarakan

Nabitu bertekad untuk menjadi unit atau platform perantara investasi syariah yang menghubungkan pemilik UKM berkembang dengan umat Islam atau masyarakat muslim dengan ekonomi menengah untuk bersama-sama #TumbuhTanpaRiba. Nabitu harus mengatur seluruh akad-akadnya agar benar-benar syar’i.

Project Financing

Nabitu menjadi project financing platform yang memfasilitasi peluang investasi dalam proyek-proyek usaha, bukan investasi dalam saham perusahaan.

Bismillah…..

Yuk #TumbuhTanpaRiba bersama Nabitu

Back to top button