BisnisShahabatSirah

Kualitas Khadijah r.a.

Memiliki Tingkat Keimanan yang Tinggi

Tingkat keimanan yang Khadijah miliki merupakan pondasi terpenting dalam bisnisnya. Khadijah tidak menyembah berhala hubal kala itu sebelum memeluk Islam. Jiwa yang bersih, kecerdasan dan kecekatannya menjadi rahasia suksesnya. Terbukti Khadijah disegani oleh masyarakat kala itu sebagai entrepreneur yang sukses.

Kemampuan dalam Mengelola Keuangan

Keberhasilan bisnis Khadijah tidak terlepas dari kemampuannya dalam mengelola modal dan keuangan. Mentalitas, kredibilitas dan akhlak juga menjadikan Khadijah diperhitungkan dalam dunia bisnis.

Pendelegasian Pekerjaan yang Baik

Rahasia kesuksesan bisnis Khadijah selanjutnya adalah mau untuk mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain, tentunya kepada orang yang tepat dan bertanggung jawab.

Khadijah adalah pribadi yang bijak dalam mengambil keputusan, dan orang yang tepat dan dirasa mampu memegang amanah adalah Rasulullah kala itu. Dengan pendelegasian pekerjaan tersebut, Khadijah mampu melakukan pekerjaan lain dan produktif.

Gemar Bersedekah

Pada hakikatnya saat kita bersedekah atas harta yang dimiliki, saat itu pula harta itu jtidak akan berkurang justru berkembang biak dan menjadi berkah, bahkan bertambah berkali lipat.

Khadijah adalah orang yang senang untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, bahkan Khadijah adalah orang yang mendermakan seluruh hartanya untuk perjuangan dakwah Islam.

Pandai dalam Membaca Peluang dan Pasar

Khadijah adalah pebisnis yang cerdas dalam membaca peluang pasar. Khadijah mampu menganalisa peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya, ditambah saat itu Mekkah menjadi tempat yang strategis dalam perdagangan dan iklim usaha yang kondusif. Kondisi inilah yang dimanfaatkan Khadijah untuk secara konsisten terus memajukan bisnisnya.

REFERENSI:

Keluarga Budaya. 2015. 5 Rahasia Keberhasilan Bisnis ala Khadijah, Istri Rasulullah SAW. (diakses 9 November 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button