AkhlaqAqidah

Ketika Kamu Ingin Menyerah

Masih ingat rianya suasana Lebaran dua tahun lalu? Pasar-pasar ramai, jalanan penuh dengan masyarakat yang merayakan Hari Raya tersebut. Kota dipenuhi warna-warni keceriaan yang semarak. Suasana hangat, yang sayangnya kita tidak tahu apakah dapat kita nikmati di tahun ini.

Jangankan tradisi menghabiskan THR, untuk memberi THR pada keponakan-keponakan pun, kita harus berpikir dua kali. Maklum, jaman lagi susah..

Ya, pertumbuhan ekonomi terus melemah dan Indonesia telah berada dalam resesi.

Kepanikan semakin jelas tatkala jutaan tenaga kerja dirumahkan. Bisnis-bisnis tumbang. Banyak perusahaan tak mampu menggaji karyawan. Hebatnya, kawan-kawan di sektor UMKM justru menunjukkan geliat positif. Data yang dikumpulkan oleh Grab menunjukkan, bahwa layanan GrabExpress mengalami peningkatan pengiriman yang dilakukan oleh social seller sebanyak 40 persen..

Banyak orang melarat, banyak pula mereka yang bangkrut. Tapi bukan berarti harus putus harapan.

Ingatlah ketika Nabi ﷺ bersabda,

“Bersemangatlah dalam hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah dan janganlah kamu malas! Apabila kamu tertimpa sesuatu, janganlah kamu mengatakan ‘seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini atau begitu’, tetapi katakanlah ‘Qaddarullah wa maa sya’a fa’ala’. Karena perkataan ‘seandainya’ akan membuka pintu setan”. (HR. Muslim).

Bersemangatlah! Jika jatuh, maka bangun dan ganti strategi. Terus berinovasi dan berkreasi di era New Normal ini.

Hal yang sangat penting, jangan pernah abaikan aturan Allah dalam muamalah harta kita. Percayalah, siapa yang mewujudkan takwa dan tawakkal akan memperoleh kebaikan. Seperti firman Allah:.

“Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan baginya jalan keluar dan memberi dia rezki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa bertawakkal kepada Alah, maka Dia itu cukup baginya.” (QS Ath-Thalaq [65]: 2-3)..

Manusia hanya bisa berencana, dan yang menentukan hasilnya hanyalah Allah semata. Di ujung upaya dan mimpi-mimpi, di sanalah takdir Allah azza wa jalla. Semoga Allah mudahkan kita untuk ridha pada keputusan Allah. Bahkan meski hasilnya tak sesuai dengan harapan kita…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button