Ketentuan Pengguna

SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA

Bismillahirrahmanirrahim.

DEFINISI

Istilah di bawah ini pada bagian manapun dalam S&K, memiliki arti sebagai berikut:

1. Anda atau Pengguna atau User berarti setiap calon Pemberi Dana, calon Pengelola Usaha atau individu yang mengakses Platform Nabitu atau menggunakan Layanan Nabitu.

2. Hari Kerja adalah hari Senin sampai dengan Jumat (selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).

3. Pemberi Dana adalah individu, perusahaan atau institusi yang berkomitmen untuk menempatkan sejumlah uang atau dana dalam mata uang rupiah untuk disalurkan sebagai modal usaha (jika akadnya Syirkah Mudhorobah) atau modal pembelian barang (jika akadnya Murabahah) untuk digunakan oleh Pengelola Usaha untuk membantu usahanya.

4. Data Pribadi adalah data pribadi yang Anda kirimkan secara sukarela kepada Kami melalui Platform Nabitu, termasuk data yang dihasilkan serta berkaitan dengan pemanfaatan layanan Nabitu, baik itu sebagai Pemberi Dana atau Pengelola Usaha.

5. Layanan adalah setiap layanan dari Nabitu yang dipergunakan oleh Pengguna, Peminjam dan Pemberi Pinjaman untuk: mengakses informasi yang tersedia di Platform, mengambil keputusan untuk melakukan transaksi melalui Platform, melalukan administrasi akad dan bentuk layanan lainnya untuk mempertemukan pihak Pemberi Dana dan Pengelola usaha dalam Platform Nabitu.

6. Nabitu, Kami, Kita, Penyelenggara adalah PT. Nabitu Teknologi Islami, perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang menjalankan usaha di bidang penyelenggaraan pemodalan proyek usaha (project financing) dengan akad-akad syariah berbasis teknologi informasi.

7. Pengelola Usaha adalah individu atau perusahaan yang mendapatkan modal usaha untuk menjalankan proyek usahanya melalui Layanan Nabitu.

8. Akad adalah perjanjian antara Pemberi Dana dengan Nabitu, atau Nabitu dengan Pengelola Usaha untuk mengatur hak dan kewajiban masing-masing selama proses pemodalan berlangsung.

9. Platform adalah portal web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Nabitu yang saat ini terletak di dan dapat diakses pada URL berikut: nabitu.id atau app.nabitu.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu.

PENGGUNAAN PLATFORM

10. Nabitu melalui platform ini menyediakan informasi dan memfasilitasi Pengguna untuk menyelenggarakan pemodalan proyek usaha dengan akad-akad Syirkah Mudhorobah atau Murabahah.

11. Nabitu hanya menyediakan Platform dan memfasilitasi transaksi pemodalan proyek usaha berbasis teknologi informasi kepada Pengguna, Pengelola Usaha dan Pemberi Dana.

12. Nabitu bukanlah Pengelola Usaha ataupun Pemberi Dana. Sehingga dalam memberikan Layanan, Kami semata-mata hanyalah perantara atau perwakilan (wakalah) Pemberi Dana dalam menyalurkan dananya untuk pemodalan kepada Pengelola Usaha.

13. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa detail informasi yang Anda berikan, baik pada saat registrasi atau kapanpun saat Anda mengakses Platform Kami, dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan ketepatannya.

14. Dalam Platform ini mungkin terdapat tautan (link) ke Platform yang dikelola oleh pihak ketiga yang disediakan hanya untuk referensi dan pengetahuan saja. Kami tidak mengoperasikan, mengendalikan atau mendukung dalam bentuk apa pun pihak ketiga yang bersangkutan, baik berupa konten maupun isinya.

CAKUPAN PENYEDIAAN LAYANAN

15. Platform Kabitu dan kandungan di dalamnya bukan merupakan saran keuangan, saran pembiayaan, atau pengumpulan minat pembiayaan keuangan. Oleh karena itu semua transaksi yang berlangsung dalam Platform Nabitu antara Pemberi Dana dan Pengelola Usaha sepenuhnya merupakan pilihan dan menjadi tanggung jawab Pengguna, karena Kami tidak mengaku memberi nasihat tentang hal yang tersebut.
16. Nabitu adalah perusahaan dan platform yang mengkhususkan diri dalam menghubungkan peluang pemodalan proyek antara Pemberi Dana dan Pengelola Usaha, khususnya usaha kecil menengah.

17. Dalam transaksi, Nabitu berperan sebagai perantara (samsarah) antara Pemberi Dana dengan Pengelola Usaha, atau perwakilan (wakalah) dari seluruh Pemberi Dana yang terlibat dalam suatu proyek untuk menjalankan proses pemodalan usaha, apakah itu sebagai pemilik modal dalam akad Syirkah Mudhorobah ataupun pembeli pertama dalam akad Murabahah.

18. Nabitu berkewajiban untuk memastikan dan melakukan uji tuntas kepada setiap calon Pengelola Usaha terkait apakah usahanya layak untuk diberikan modal usaha dari segi reputasi, kapabilitas, rekam jejak Pengelola Usaha, serta kesyariahan produk usaha dan operasional usaha yang dikelola oleh Pengelola Usaha.

19. Meski Kami telah melakukan langkah-langkah yang sepatutnya untuk memastikan keandalan dan akurasi, Nabitu tidak memberikan jaminan mengenai kandungan dan kelengkapan serta tidak menerima tanggung jawab apapun atas keruhian yang dapat timbul dari pemanfaatan informasi tersebut.

20. Pengguna menyetujui bahwa Nabitu mempunyai kewenangan untuk menentukan apakah Anda dapat menjadi Pengelola Usaha yang memiliki kelayakan yang menurut penilaian dan kebijakan Nabitu dapat diterima sehingga Anda dapat memperoleh modal usaha. Nabitu tidak memiliki kewajiban apapun untuk memberikan penjelasan secara rindi mengenai alasan, pembatasan ataupun indikator penilaian yang menjadi dasar penolakan tersebut, sehingga Anda tidak memiliki hak untuk menuntut ganti rugi, penerimaan hak atau penggantian maupun kompensasi dalam wujud apapun dari Nabitu.

21. Pengguna memahami, mengakui dan setuju bahwa posisi Nabitu hanya bersifat administratif dan menjadi fasilitator yang mengatur akad serta mempertemukan antara Pemberi Dana dan Pengelola Usaha dalam rangka pemberian modal usaha.

22. Kami tidak menjamin Platform ini selalu tersedia dan memenuhi kebutuhan Anda, dan juga kami tidak menjamin bila terjadi gangguan akses, penundaan, kegagalan atau hilangnya dari informasi yang dikirimkan.

PERLINDUNGAN DATA DIRI

23. Pengguna setuju bahwa Nabitu dapat mengumpulkan, menyimpan atau menggunakan Data Pribadi yang Anda berikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

24. Pengguna setuju bahwa Nabitu memiliki hak untuk membagikan Data Pribadi Anda kepada pihak pemerintah, otoritas resmi, mitra usaha, atau pihak lain yang bekerja sama secara sah dengan lembaga pemerintahan yang relevan sepanjang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

25. Nabitu berkomitmen hanya menggunakan Data Pribadi Anda untuk kepentingan pemberian Layanan dan peningkatan kualitas Layanan.

26. Dengan memberikan Data Pribadi kepada Kami, Anda setuju untuk dapat Kami hubungi melalui, namun tidak terbatas pada surat, email, telepon dan whatsapp.

27. Nabitu berupaya untuk memastikan bahwa setiap informasi yang dikirimkan oleh Pengguna terlindungi melalui sistem Nabitu dengan digunakannya – namun tidak terbatas pada – SSL.

28. Data Pribadi Anda akan diberikan kepada pihak ketiga yang disetujui Nabitu untuk melakukan proses Know Your Customer dan verifikasi data Anda.

29. Pengguna berhak meminta salinan atas informasi mengenai Anda yang kami simpan. Jika Anda menginginkan salinan atas sebagian atau keseluruhan informasi pribadi Anda, silakan kirimkan pesan ke wa.me/62822-1111-2275

TINDAKAN YANG DILARANG

Pengguna menyatakan setuju untuk tidak melakukan kegiatan berikut ini:

30. mengakses, mengumpulkan, mengambil, dan/atau menyalin isi, informasi dan/atau data pada Platform, dengan cara crawling, web spidering, automatic indexer, scraper dan/atau pengambilan data di Platform secara sistematis, baik otomatis maupun manual untuk kepentingan dan tujuan apapun yang dapat menyebabkan kerugian dan gangguan di Platform termasuk sistem elektronik Kami tanpa seizin pihak Nabitu.

31. menjual kembali, menggunakan, memonitor, menampilkan, mengunduh atau mereproduksi setiap isi atau informasi, perangkat lunak, informasi atau layanan yang tersedia dalam Platform untuk kegiatan atau tujuan komersial atau kompetitif apapun.

32. berpura-pura menjadi orang atau badan lain, atau menyatakan dengan tidak benar mengenai hubungan Pengguna dengan seseorang atau suatu badan, atau menggunakan identitas palsu yang bertujuan untuk menyesatkan, menipu atau mengelabui pihak lain.

PENGADUAN PENGGUNA

33. Nabitu berkomitmen untuk memberikan Layanan terbaik kepada setiap Pengguna sesuai syariat Islam sekemampuan Kami. Jika terdapat saran, keluhan dan/atau keberatan atas Layanan dari Nabitu, mohon untuk menghubungi kami di wa.me/62822-1111-2275.

Yuk #TumbuhTanpaRiba bersama Nabitu


Back to top button