AkhlaqBisnisManajemen FinansialUtang

Alokasi Cash Flow

Berdasarkan salah satu referensi kami [1], yang paling penting untuk diperhatikan adalah susunan prioritasnya, karena porsi pengeluarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang berbeda-beda.

Berikut ini porsi pengeluaran yang direkomendasikan.

Prioritas Pertama

Setiap kali mendapatkan penghasilan, prioritas pertama adalah untuk pengeluaran sosial (zakat dan shodaqoh). Besarnya mulai dari 2.5% – 10%. Mau lebih besar dari itu boleh-boleh aja. Makin besar, makin baik tentunya.

Prioritas Kedua

Prioritas kedua, untuk pembayaran utang. Usahakan banget ambil hutang dari kredit syariah atau KPR syariah ya sobat. Yaitu kredit cicilan tetap.

Nah, utang yang sehat itu tidak lebih dari 35% dari penghasilan bulanan.

Prioritas Ketiga

Prioritas ketiga adalah saving. Yang dimaksud dengan saving adalah tabungan dan investasi. Ini untuk simpanan dan pengembangan di masa depan. Usahakan besarnya minimal 10% ya. Tapi biasanya sih itu masih kurang. Saran kami sih, mulai dari 10%, lalu tingkatkan sampai 30%.

Prioritas Keempat

Sedangkan sisa dari semuanya boleh dihabiskan untuk biaya hidup. Porsinya sekitar 40-60%. Biaya hidup, usahakan sisanya saja setelah bersedekah, bayar utang, dan saving. Kita bisa spending dengan tenang, tanpa perlu merasa bersalah.


Baca Juga: Hijrah Bottom-UP

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button