Muslim Lifestyle

4 Manfaat Gaya Hidup Halal

Gaya hidup halal atau halal life style sudah tidak asing lagi bagi kita seorang muslim. Saat ini. Mengingat pangsa pasar muslim yang begitu besar potensinya, halal lifestyle juga menjadi tren di berbagai negara. Jadi tidak perlu khwatir lagi dengan makanan atau minuman halal dan destinasi wisata halal apalagi di negara kita yang mayoritas penduduknya muslim. Fakta menariknya halal lifesytle tidak hanya untuk di nikmati oleh muslim akan tetapi juga ramah untuk non-muslim. Nah, yuk kita simak 4 manfaat halal lifestyle.

Ternyata selain keberkahan yang akan kita dapatkan. Menerapkan gaya hidup halal bisa memberikan banyak manfaat. Nah, yuk kita simak fakta menarik tentang gaya hidup halal.

  1. Jaminan Kebersihan dan Keamaman Sebuah Produk

Allah SWT telah memerintahkan kepada kita umat muslim untuk mengkonsumsi yang Halal dan Thayyib 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ 

Artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu (QS:Al-Baqarah168)

Dari ayat diatas kita bisa belajar bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk memakan makanan yang diperoleh dengan cara yang halal dan memiliki kandungan yang baik (thayiib). Makna halal sendiri mengacu pada objek atau tindakan apa pun yang diizinkan untuk digunakan, dikonsumsi atau dilakukan, menurut hukum islam atau dari aspek sisi legalnya. Sedangkan thayiib artinya baik, bersih, sehat dan aman dikonsumsi serta menyehatkan dan bermutu.

  1. Memberikan Kenyaman dan Ketenangan Hidup

Dengan menerapkan gaya hidup halal akan memberikan kenyaman dan ketennagan hidup. Karena dengan asupan makanan yang halal tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran pun menjadi tentram karena tahu bahwa kebersihan sebuah produk, kesehatan serta keamanan untuk tubuh baik produk yang kita konsumsi ataupun produk yang kita kenakan semua yang digunakan aman dan tentunya berkualitas. 

  1. Faktor Penting Keputusan Pembelian Oleh Konsumen

Ketika konsumen muslim akan membeli atau menggunakan sebuah produk sudah seyogyanya akan memperhatikan ke halalannya. Nah, maka peran regulator seperti Kementrian Agama, Majelis Ulama Indonesia dan sekarang yang dibantu oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) untuk memberikan jaminan kehalalan sebuah produk pangan, kosmetik, obat-obatan yang di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan menyasar pasar halal, pelaku industri dapat meningkatkan penjualan produknya. Tingginya potensi pasar produk halal, sertifikasi halal menjadi semakin penting. Bagi pelaku usaha, momen ini merupakan peluang yang terbuka lebar untuk meningkatkan penjualan produknya.

  1. Halal Lifestyle Mempunyai Potensi Besar Dalam Bisnis

Jika kita lihat berdasarkan laporan yang disebutkan dari Global Islamic Economics Report 2022 memperkirakan bahwa umat Islam menghabiskan 2 US$ triliun pada tahun 2021 di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan, dan media/rekreasi. Indonesia sendiri dengan segala potensi yang dimilikinya mempunyai kesempatan untuk turut serta membangun dan mengambil potensi pertumbuhan industri halal. pada laporan ini juga disebutkan ekspor makanan halal ke negara-negara OKI meningkat sebesar 16%. Sebagai salah satu bangsa yang besar dan juga dengan mayoritas populasi penduduk muslim tentu kita tidak hanya ingin menjadi sasaran pangsa pasar saja. Kita bangsa yang besar dengan segala potensinya juga mampu menjadi pemain industri halal. 

Nah itulah pengertian dan manfaat dari halal lifestyle yang akhir-akhir ini semakin meningkat peminatnya. Akhir-akhir ini kesadaran umat islam mulai meningkat untuk menggunakan gaya hidup halal. Kesadaran umat Islam untuk memiliki gaya hidup halal harus diikuti dengan kesadaran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan syariat Islam, sehingga memberi peluang bisnis dan kehidupan yang baik bagi Muslim dan menguatkan perekonomian muslim. Yuk tingkatkan kesadaran dalam penggunaan dan pemilihan produk halal.

Referensi:

Al-Kwifi, O. S., Abu Farha, A., & Ahmed, Z. U. (2019). Dynamics of Muslim consumers’ behavior toward Halal products: Exploration study using fMRI technology. International Journal of Emerging Markets, 14(4), 689–708. https://doi.org/10.1108/IJOEM-11-2017-0486

Global Islamic Economy Report, 2022

https://tafsirweb.com/650-surat-al-baqarah-ayat-168.html

https://ihatec.com/halal-lifestyle/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button